Aset dan Fasilitas

  Sarana dan prasarana yang tersedia diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran terutama metode pembelajaran yang dilakukan dapat lebih sesuai dengan perkembangan yang berlaku di lingkungan masyarakat dan pengguna lulusan. Ketersediaan dan jenis sarana prasarana yang memungkinkan terciptanya interaksi akademik antara civitasacademica Fakultas Pertanian,antara lain:
  1. Ruang Kelas yang memadai
  2. Ruangan bimbingan dan konseling bagi mahasiswa
  3. Fasilitas penggunaan komputer yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan dosen
  4. Sarana dan prasarana (lembaga konsultasi pertanian) dalam menunjang kegiatan kerjasama untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat luas di Bidang Pertanian.
  5. Screenhouse
  6. Laboratorium Fakultas Pertanian,
  7. Kebun percobaan,
  8. Hotspot area.
Akses yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam memperoleh informasi yang berhubungan dengan pengembangan akademik telah disediakan oleh pihak Fakultas Pertanian melalui berbagai fasilitas, seperti papan informasi, buku pedoman penyelengggaraan akademik, website universitas dan fakultas, dosen wali, mengadakan aksesibilitas dengan pihak eksternal (stakeholder) melalui berbagai fasilitas kegiatan kerjasama dengan pihak luar, dimana Fakultas Pertanian mengadakan kesepakatan (MoU) dalam pengembangan akademik mahasiswa antara lain :
  1. Pemerintah Daerah (Dinas Pertanian, Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian,
  2. Swasta (Perusahaan Agrochemical, Perkebunan, Eksportir Buah, Sayur, dan Bunga, Indocement Tbk, )
  3. BUMN (PLN dan Bank Indonesia)
  4. Koperasi dan Kelompok Tani
  5. Himpunan Profesi Pengusaha
Fakultas Pertanian melalui investasi sarana dan prasarana pendidikan dalam rangka mendukung Proses Belajar Mengajar yang terus dilakukan, seperti laboratorium Agribisnis, laboratorium Agroteknologi, kebun percobaan,  rumah kaca, perpustakaan, dan sarana prasarana lain sesuai dengan penyelenggaraan pendidikan. Selain itu juga Fakultas Pertanian Unswagati melakukan kerjasama dengan berbagai institusi dan mengusahakan memperoleh dana hibah dari pemerintah dan swasta. Strategi dalam pengembangan Fakultas Pertanian ini diharapkan cukup relevan dan efektif sebagai upaya pencapaian visi dan misi Fakultas Pertanian.